Minggu, 05 Juli 2015

SAMBUNGAN PIPA

Yang dimaksud dengan sambungan pipa adalah sebuah benda yang dipergunakan untuk menyambung dua buah pipa atau lebih. Benda ini lebih sering disebut fitting. Dalam tulisan ini saya lebih membahas mengenai sambungan pipa atau fitting untuk pipa baja.
Dalam proses menyambung pipa baja menggunakan fitting, tentunya akan di pelajari terlebih dahulu apakah sambungan yang akan dibuat tersebut bersifat tetap dan tidak bisa dibuka atau sambungan tersebut diinginkan sewaktu-waktu dapat dibuka untuk keperluan maintenance.

Oleh karena itulah sambungan pipa atau fitting ini secara garis besar terbagi menjadi 2 jenis, adapun  
jenis jenis sambungan pipa tersebut yaitu:


1. Welded Component yaitu fitting yang digunakan bersifat tetap. Artinya pipa disambung dengan di las, sehingga sambungannya menjadi tetap dan tidak dapat dibuka. Fitting jenis ini terbagi lagi menjadi 2, yaitu:
* Butt welded component, proses pengelasannya langsung pada bagian butt dari pipa dan fitting.
* Socketwelded component, proses pengelasannya dilakukan pada bagian fillet dari pertemuan antara pipa dan fitting. Hal ini dikarenakan sebelum di las pipa dimasukkan terlebih dahulu ke bagian socket dari fitting tersebut.

2. Threaded Component atau fitting yang berulir. Dengan menggunakan fitting jenis ini pipa yang disambung dapat di buka kembali. Dan ini memudahkan untuk proses maintenance.

 

Adapun macam-macam dari fitting adalah sebagai berikut:
1. Short Radius (SR) atau Long Radius (LR) Elbow 45, 90
2. Short Radius atau Long Radius Return 180
3. Equal Tee
4. Reducing Tee
5. Cap
6. Concentric Reducer
7. Eccentric Reducer
8. Cross
9. Coupling
10. Half Coupling
11. Welding Boss
12. Union
13. Dan lain-lain
Untuk cara menyambung pipa dengan menggunakan sambungan pipa seperti yang telah dijelaskan diatas, maka terdiri dari dua cara yaitu dengan di las atau disambung dengan menggunakan fitting yang berulir.

Sumber : http://www.suryadikandiyas.com 

Pemesanan Drat Sok :
Khoiri (ERE)
Whatsapp : 081914841117
IM3 : 085649230325
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar